Pendaftaran Bidikmisi Di IPB Tahun 2016

12 Feb 2016

Bersekolah di jenjang kuliah seringkali terhalang oleh biaya yang tak memadai, hingga tak sedikit para lulusan yang menghentikan impiannya begitu saja. Tetapi kini, perihal tersebut dapat ditangani dengan pendaftaran dari jalur bidik misi seperti yang dimiliki oleh IPB (Institut Pertanian Bogor). Dimana pada jalur ini ditujukan oleh calon peserta didik yang merupakan salah satu keluarga kurang mampu. Hingga kemudian dengan jalur ini dapat dipilih oleh peserta didik dengan kondisi perekonomian keluarga yang demikian itu.

Memang dalam jalur proses pendaftarannya tak akan dikenai biaya. Akan tetapi peserta didik tersebut juga harus bersaing dengan pendaftar lain yang sama-sama dari kondisi keluarga yang tak jauh berbeda. Dengan begitu, Anda pun perlu meningkatkan dan mengupayakan adanya persiapan untuk bersaing dalam seleksi tersebut. Dimana proses seleksi itu tak jauh berbeda dengan peserta lain yang non bidik misi yang dapat mengikuti jalur masuk dari SNMPTN dan SMBPTN.

Dalam mengikuti proses pendaftaran bidik misi di Institut Pertanian Bogor ini, terdapat proses-proses yang dimulai dari berikut ini :

  • Pihak sekolah merekomendasikan siswa bersangkutan di http://bidikmisi.ristekdikti.go.id/sekolah/.
  • Saat memasuki laman tersebut akan ada pilihan untuk sudah mendaftar bagi pihak yang pernah mendaftar sebelumnya, begitu pula dengan sebaliknya.
  • Untuk sekolah yang belum mempunyai akun bidik misi dapat melampirkan berkas-berkas pendaftaran atas indentitas dan prestasi dari Sekolah tersebut guna memperoleh kode akses sekolah. Hingga menunggu proses verifikasi yang pada umumnya dalam waktu sehari.
  • Setelah di verifikasi, lalu masuk ke laman http://bidikmisi.ristekdikti.go.id/sekolah/ tersebut dengan NPSN dan kode akses sekolah, dan kemudian mendaftarkan peserta didik lalu akan diperoleh nomor pendaftaran dan kode akses yang diberikan ke siswa tersebut.
  • Siswa bersangkutan melakukan pendaftaran bidik misi via online yakni di http://bidikmisi.ristekdikti.go.id/siswa/.
  • Nomor pendaftaran dan kode akses digunakan untuk login dan mengisi indentitas diri secara lengkap lalu setelah fix segera dicetak.

Sedari beberapa proses tersebut cukuplah mudah dan memang Institut Pertanian Bogor memberikan kesempatan tersebut. Dimana peserta didik bersangkutan dapat mendaftarkan diri melalui via online dari jalur undangan maupun tertulis. Hingga nantinya peserta didik bersangkutan dapat mengikuti seleksi di IPB (Institut Pertanian Bogor) sama seperti peserta didik lainnya yang saling bersaing dalam jalur SNMPTN maupun SBMPTN.


TAGS pendaftaran bidik misi di institut pertanian bogor pendaftara bidik misi di ipb


-

Author

Follow Me