Tips dan Cara Mudah dalam Mengajukan Pembelian Rumah KPR

19 Feb 2016

Kebutuhan akan sebah hunian atau rumah bagi setiap orang kini semakin tinggi terutama bagi pasangan yang baru melangsungkan pernikahan. Akan tetapi saat ini banyak bank yang melakukan penawaran pembelian sebuah hunian dengan menggunakan sistem KPR atau kredit pemilikan rumah. Bahkan bagi setiap pemohonnya dapat melakukan sebuah simulasi melalui kalkulator KPR guna mengetahui kesiapan finansialnya dalam melakukan cicilan. KPR merupakan kesempatan besar bagi setiap orang yang bekera sebagai karyawan tetap atau pelaku wirausaha guna mendapatkan tempat tinggal yang layak tanpa melakukan pembayaran dengan sistem cash atau tunai. Dan berikut akan saya paparkan beberapa tips dan cara untuk mengajukannya:

kalkulator kpr

1 . Persiapan Dokumen & Persyaratan

Ketahuilah terlebih dahulu apa saja perysaratan dan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan pengajuan tersebut. Umumnya dokumen yang diminta oleh pihak bank adalah jenis dokumen pribadi seperi KTP, Kartu Keluarga, akta nikah, akta kematian, akta cerai, foto ukuran 3 x 4 1 lembar, copyan NPWP, surat keterangan sehat dari dokter. Serta beberapa data pekerjaan atau penghasilan seperti surat keterangan dari perusahaan maupun intansi tempat ada bekerja, slip gaji/daftar penghasilan dan beberapa dokumen pelengkap lainnya.

2 . Cara Pengajuan

Setelah dokumen dan persyaratan telah anda persiapkan semuanya maka anda pun dapat langsung mendatangi pihak bank yang bersangkutan. Nantinya anda pun akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Usahakan untuk mengisi formulir tersebut tanpa adanya keterengan palsu karea nantinya akan berdampak kurang baik bagi anda bahkan dapat berdampak sulitnya untuk mendapatkan pencairan, jadi usahakanlah untuk mengisinya sesuai dengan fakta yang sebenar-benarnya. Sebelum pengajuan anda pun dapat melakukan simulasi terlebih dahulu melalui kalkulator KPR guna mengetahui besaran cicilan yang akan anda bayar nantinya.

3 . Tips Pengajuan

Sebagai tips agar pengajuan kredit pemilikan rumah yang akan anda lakukan tersebut mudah atau cepat untuk dapat disetujui maka lakukanlah beberapa cara berikut: pertama bandingkan besaran angsungan dengan gaji anda, usahakan untuk tidak melebihi 30% dari sisa gaji. Kedua, jika anda masih memiliki cicilan atau pinjaman di bank lain maka usahakan untuk membayar tagihan atau angsuran anda secara rutin serta jangan sampai menjadi seorang yang mendapat blacklist dari bank lain.


TAGS kalkulator kpr


-

Author

Follow Me